Selasa, 31 Januari 2012

5 penjara terkejam yang pantas untuk koruptor

Berikut daftar 5 penjara terkejam yang pantas untuk koruptor di negeri ini, dari berbagai sumber :
1. Penjara Candiru, Brasil
Penjara ini terkenal karena kerusuhan yang menewaskan 103 penghuni akibat ditembaki sipir pada 1992. Kerusuhan ini juga melibatkan polisi setempat. Tragedi Caradiru bermula dari meletusnya perang antar gank di penjara tersebut, yang melebar hingga melibatkan banyak narapidana.
2. Penjara Militer Tadmor, Syria
Penjara milirer ini dibangun di tengah gurun. Puncak kekejaman meletus saat para perajurit yang berfungsi sebagai sipir menyerang penghuni penjara pada 1988. Dalam penyerangan tersebut mereka menggunakan helikopter dan mendarat di Tadmor. Para prajurit ini membatai 500 orang tawanan di sel mereka. Umumnya penghuni penjara adalah tahanan politik.
3. Penjara Diyarbakr, Turki
Kurun 1981 hingga 1984 sedikitnya 34 orang penghuni tewas karena penyiksaan. Disini, penyimpangan seksual juga lumrah. Para penghuni pernah memprotes dengan mogok makan dan membakar diri tetapi sia-sia. Bahkan terpidana anak-anak yang dihukum seumur hidup pernah mencicipi kejamnya Diyarbakr.
4. Penjara La Sante, Prancis
Meski nama penjara ini berarti ‘sehat’ tetapi tidak seperti kenyatannya. Sebab perbudakan antar sipir ke penghuni, sesama penghuni menjadi biasa. Kasus perkosaan antar sesama penghuni juga sangat tinggi dan terjadi setiap hari. Akibatnya banyak penghuni gila, bahkan yang tak tahan memilih bunuh diri. Sepanjang tahun 2002 dikabarkan terjadi 122 kasus bunuh diri penghuni. Dan pada 2003 sebanyak 73 penghuni.
5. Penjara Alcatraz, San Francisco, California, Amerika Serikat
Penjara ini, yang dikenal sebagai “The Rock”, atau “Devil’s Island” dibangun pada tahun 1920-an. Selain bangunan yang sangat menyiksa penghuni, sipir penjara pun kejam. Salah satu aturanya yaitu larangan untuk tidak bercakap-cakap dengan sesama penghuni.
Alcatraz
Penjara yang ada dibangun disatu pulau kecil ini hanya pernah kebobolan 1 orang kabur. Karena berbagai tekanan, penjara ini ditutup pada 1963. Kini pemerintah setempat menjual legenda kekejaman tersebut dengan menyulap menjadi tempat wisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar